MENCARI REDHA ILAHI

عن أبي العباس عبد الله بن عباس رضي الله عنهما ، قال: كنت خلف النبي صلي الله عليه وسلم يوما ، فقال: (يا غلام! إني أعلمك كلمات: احفظ الله يحفظك ، احفظ الله تجده تجاهك ، إذا سألت فاسأل الله ، وإذا استعنت فاستعن بالله ، واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك ، وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك ؛ رفعت الأقلام ، وجفت الصحف). رواه الترمذي ، وقال: حديث حسن صحيح.

Ucapan Aidil Fitri Yg Sesuai Mengikut Sunnah Rasulullah

Seringkali kita nerima SMS ucapan Aidil Fitri dengan untaian kata mutiara yang begitu mempesona. Bahkan terkesan menjadi kata-kata yang wajib diucapkan baik oleh perorangan atau instansi “Selamat Hari Raya Aidil Fitri – Mohon Maaf Lahir & Batin”, dan ternyata ucapan tersebut jauh dari apa yang diajarkan Rasulullah buat kita khususnya umat Islam.

Hampir semua ucapan Aidil Fitri yang beredar saat ini tidak ada riwayatnya. Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa Ibnu Qudamah dalam Kitab yang berjudul “Al-Mughni” menyebutkan bahwa Muhammad bin Ziyad berkata : “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan beberapa orang dari kalangan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka bila kembali dari solat Aidil Fitri saling mengucapkan : Taqabbalallahu minnaa wa minka (Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda)” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan.

Beberapa shahabat menambahkan ucapan shiyamana wa shiyamakum, yang bererti puasaku dan puasa kalian. Jadi ucapan ini bukan dari Rasulullah, melainkan dari para sahabat.

Kemudian, untuk ucapan minal ‘aidin wal faizin itu sendiri adalah salah satu ungkapan yang seringkali diucapkan pada hari raya fitri. Sama sekali tidak bersumber dari sunnah nabi, melainkan merupakan ‘urf (kebiasaan) yang ada di suatu masyarakat.

Demikian juga kata-kata “Mohon Maaf Lahir & Batin”, hanya kebiasaan saja dan tidak bersumber dari Rasul. Malah kalau kita mengikuti sunnah Rasul, harusnya kata-kata “Maaf” diucapkan sebelum masuk bulan Ramadhan bukan sebaliknya. Sayangnya kebiasaan ini sudah menjadi budaya. Selanjutnya tugas kita untuk kembali sesuai Sunnah Rasul

Ringkasan :
  • Ucapan Rasulullah ketika Idul Fitri : Taqabalallahu minna wa minka
  • Ucapan Mohon Maaf Lahir Batin harusnya diucapkan sebelum Ramadhan, bukan sesudah Ramadhan.

Maka adakah berdosakah jika kita mengucapkan “Selamat Hari Raya Aidil Fitri – Mohon Maaf Lahir & Batin” ? Tentu tidak, kerana ucapan ini juga baik tetapi kurang tepat.


DISARANKAN

Selain ucapan yang sering kita ucapkan ketika Aidil Fitri adalah lebih baik kita dahului dengan “Taqabalallhu minnna wa minkum”

0 comments:

Post a Comment